Manfaat Luar Biasa Kulit Jengkol Untuk Kesehatan



Jendela24.com - Banyak Yang mengetahui yang nama nya jengkol,kebanyakan orang tentunya sangat demen dengan jengkol karena jengkol merupakan salah satu makanan yang sangat favorit,bahkan jengkol merupakanan makanan yang biasa nya di makan sebagai pedamping miesop.Jengkol ini mengandung zat kapur.dan juga banyak untuk kesahatan tubuh.makanan jengkol ini sangat banyak manfaat nya bagi tubuh kita.

Kebanyakan orang menganggap bahwa bagian jengkol yang bisa dimanfaatkan hanya biji dalamnya saja, sementara kulit jengkol tidak memiliki manfaat sehingga dibuang begitu saja. Namun seiring perkembangan waktu akhirnya diketahui bahwa kulit jengkol juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Diantaranya ialah :

1. Menghilangkan ketombe
Siapa yang menduga jika kulit jengkol yang berwarna hitam tersebut bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Hal ini dikarenakan kulit jengkol memiliki kandungan kalsium, protein,fosfor,vitamin A dan B1, likosida, sapoin, tannin steroid dan minyak atsiri. kan

Pemanfaatan kulit jengkol untuk menghilangkan ketombe telah teruji efektif, terlebih lagi bila dikombinasikan dengan tumbuhan randu yang memiliki kandungan polifenol sehingga kulit jengkol dapat memaksimal fungsinya untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Caranya cukup mudah, Anda cukup merebus kulit jengkol dan mengkombinasikannya dengan tanaman randu. Kemudian air rebusan tersebut dioleskan pada rambut dan kepala. Kemudian bilas dengan air bersih.

2. Mengatasi diabetes melitus
Selain terbukti ampuh menghilangkan bakteri penyebab ketombe, kulit jengkol juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit diabetes melitus. Hal ini dikarenakan kulit jengkol mampu menurunkan gula darah dalam tubuh. Caranya dengan merebus kulit jengkol dan meminum air rebusannya 3 kali dalam sehari.

3. Menyembuhkan luka pasca pencabutan gigi
Kulit jengkol juga bermanfaat dalam penyembuhan luka pasca pencabutan gigi. Hal ini diketahui setelah dilakukan sebuah eksperimen pada seekor marmut yang melakukan pencabutan gigi dengan memberikan ekstrak kulit jengkol. Kandungan flavonoid dan alkalois pada kulit jengkol bermanfaat untuk meningkatkan kerja sel fibroblas sehingga setelah proses pencabutan gigi dapat segera terjadi regenerasi untuk mengembalikan kontinuitas dan fungsi jaringan.

4. Bermanfaat sebagai antibakteri yang efektif
Manfaat kulit jengkol yang terakhir adalah menghambat perkembangan bakteri lainnya. Pasalnya senyawa etil asetat pada kulit jengkol bermanfaat untuk membunuh pertumbuhan bakteri seperti Pseudomonas aeruginosa dan Bacillus subtilis.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat luar biasa kulit jengkol untuk kesehatan yang harus kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Luar Biasa Kulit Jengkol Untuk Kesehatan"

Posting Komentar