Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan



Jendela24.com - Mungkin kita sudah mengenal apa itu melinjo,ini adalah salah satu yang termasuk jenis sayuran dan biasa nya di gunakan untuk  membuat emping.dan memang emping melinjo ini sangat terkenal sekali.Bahkan sampai keluar negri.

Kandungan Gizi Melinjo sebagai makanan yang disediakan oleh alam,tentu  melinjo mempunyai kandungan gizi yang tidak sedikit.Sebuah penelitian menunjukan bahwa melinjo menghasilkan senyawa antioksidan yang diperoleh dari konsentrasi protein tinggi,Hampir semua bagian tanam melinjo memiliki kandungan protein,namun yang paling potensial terdapat pada bijinya.

Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan

Sebagai tanaman yang mempunyai banyak kandungan nutrisi,maka tidak heran jika melinjo mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan,Baik sebagai panganaan mau pun sebagai obat tradisional.Berikut ini akan saya paparkan apa saja manfaat melinjo bagi kesehatan.

1.Mengobati Luka

Anda sedang luka?Tenag ,daun melinjo bisa mengobati luka.dengan menumbuk daun melinjo dan juga bawang putih.Setelah halus,tempelkan pada bagian tubuh yang luka.Biarkan hingga mengering dengan sendirinya.Ramuan tersebut dapat membuat luka menjadi cepat kering dan terhindar dari infeksi.

2.Anti Mikroba

Buah melinjo mengandung peptida yang berfungsi sebagai penghambat pada perkembangbiakan bakteri gram positif maupun negatif .Peptida ini merupakan asam amino yang terdapat pada protein dalam biji buah melinjo.

3.Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan satu kondisi yang berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti stroke dan jantung.Daun melinjo merupakan bahan makan alami yang kaya akan antioksidan,dimana dapat mencegah penyakit tekanan darah tinggi.Namun Tidak disarankan bagi penderita darah tinggi dan asam urat mengkonsumsi buah melinjo karena kandungan purinya tinggi.

4.Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dinbi bisa terjadi ketika tubuh sering kali terpapar oleh radikal bebas,Gejalanya bisa berupa flek-flek hitam,kerutan ,kulit kering dan sebaginya ,Hal ini bisa diatasi dengan rajin mengkonsumsi makanan alami yang mengandung antioksidan salah satu nya melinko yang merupakan bahan makanan yang antioksidan

5.Mencegah Anemia

Meski  jumlah nya terlalu banyak,Namun melinjo juga mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah,Anemia biasanya terjadi pada wanita,Terutama ibu hamil.sedang untuk pris kebanyakan  kekurangan darah.

6.Antioksidan Pencegah Kanker
.Antioksidan pencegah penyakit yang berbahaya dan dapat mengancam keselamatan jiwa,Basarnya kandunagn kolesterol lemak jenuh pada makananan cepat

7.Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu fungsi antioksidan adalah menurunkan tekanan darah tinggi,Yang artinya berperan penting juga dalam pencegah penyakit jantung.

8.Melancarkan Buang air Besar

Daun melinjo memiliki  kandungan serat yang baik untuk kesehatan begitu juga kulit buah dan bunga nya yang sering du uceng,

9 Melancarkan urine

10.Meningkatkan daya ingat

11,mancegah kesehatan mata.

12.Digigit anjing
Sebagai pertolongan pertama daun bisa di gunakan untuk luka di gigit anjing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan"

Posting Komentar