TERNYATA CARA INI MAMPU TURUNKAN BERAT BADAN DALAM SEMALAM

JENDELA24 - Tidur malam tidak dilakukan sekadar untuk istirahat saja. Aktivitas ini bisa membantu program penurunan berat badan Anda juga lho.

Tidur malam yang nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu cara termudah untuk menurunkan berat badan. Studi dari Annals of Internal Medicine bahkan menuliskan bahwa diet yang dilengkapi dengan tidur 8,5 jam per malam memiliki penurunan kadar lemak dua kali lebih banyak, dibandingkan dengan mereka yang diet tapi kurang tidur.

Agar tidur malam lebih nyenyak dan 'terprogram' untuk membantu proses penurunan berat badan, berikut 5 kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan sebelum tidur:

1. Minum susu hangat



Sebelum tidur, ada baiknya Anda meminum segelas susu hangat. Selain membuat Anda lebih rileks dan nyaman, kebiasaan ini juga mencegah perut kembung atau lapar di tengah malam. Segelas susu sebelum tidur juga membantu Anda membentuk lebih banyak otot saat tidur.

Ini karena susu kaya akan kandungan kasein, salah satu bentuk protein yang lambat dicerna dan dapat membuat otot berfungsi lebih maksimal. Demikian dituliskan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise.


2. Turunkan suhu ruangan





Jika memungkinkan, buatlah suhu ruangan lebih sejuk sebelum tidur malam. Menurut peneliti dari NYU Langone Comprehensive Epilepsy Center-Sleep Center, Rebecca Scott, PhD, suhu ruangan yang sejuk akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Penelitian lainnya yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes juga menuturkan bahwa ketika seseorang tidur di ruangan yang sejuk, terjadi proses penghangatan dalam tubuh yang kemudian turut memengaruhi proses pembakaran kalori.


3. Membaca buku




Agar tubuh dan pikiran Anda lebih rileks, dianjurkan untuk melakukan hal-hal favorit Anda sebelum tidur. Salah satunya adalah membaca buku. Menurut Scott, melakukan hal favorit sebelum tidur dapat membantu Anda rileks dan tidur pun akan menjadi lebih mudah, serta lebih nyenyak.

4. Atur cahaya



Jangan lupa untuk mengatur pencahayaan dan lampu Anda sebelum tidur ya. Cahaya yang terlalu terang nyatanya dapat mengganggu kualitas tidur dan mengurangi produksi melatonin di dalam tubuh. Jika memungkinkan, matikan lampu atau gunakan lampu tidur dengan tingkat pencahayaan yang lebih temaram.

5. Yoga



Sementara latihan intens dijadwalkan terlalu dekat ke tempat tidur bisa menjadi bumerang dengan energi Anda, melakukan beberapa peregangan ringan atau yoga sebelum (atau bahkan di) tempat tidur membantu tubuh rileks, kata Nadolsky.

Untuk lebih relaksasi, menggabungkan dalam, pernapasan diafragma ke bergerak Anda. Berikut adalah cara untuk melakukannya: Tarik napas melalui hidung dan keluar melalui mulut Anda, fokus pada mengambil lambat, napas lengkap yang menaikkan dan menurunkan perut Anda, bukan dada Anda. Melakukan hal mengaktifkan Anda 'beristirahat dan mencerna' sistem saraf parasimpatis untuk mengurangi ketegangan dan membantu Anda tertidur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TERNYATA CARA INI MAMPU TURUNKAN BERAT BADAN DALAM SEMALAM"

Posting Komentar