Hindari 4 Kebiasaan Buruk yang Bikin Vagina Tak Sehat




Jendela24.com - Kebersihan bagi wanita itu sangat penting,alangkah indah nya jika seorang wanita bisa menjaga kebersihan nya terutama di bagian vagina,wajib kita bersih kan dengan sabun pembersih atau pun dengan betadine vagina

Rasa nyeri, iritasi atau terbakar yang datang dan pergi pada vulva (bagian luar vagina) dapat mengganggu kenyamanan Anda beraktivitas. Para ahli ginekolog menyebut kondisi ini sebagai vulvodynia.

 Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat dihindari agar vagina tetap sehat dan tidak terkena vulvodynia.

Membersihkan vagina dengan sabun yang terlalu banyak

Meski tiap jenis sabun tergolong lembut, hal itu bisa menimbulkan iritasi pada labia, kata Clinical Associate Professor of Obstetrics and Gynaecology di Yale School of Medicine, Amerika Serikat, Dr Mary Jane Minkin.

“Semakin sedikit (sabun) yang Anda gunakan malah semakin baik. Bahkan busa yang sedikit dari sabun yang dibuat tanpa pewarna atau wewangian bisa timbulkan rasa gatal atau terbakar,” katanya.

Pasang tato di dekat vagina

Anda mungkin tergoda memasang tato di dekat vagina. Namun, pertimbangkanlah, tato mungkin memengaruhi vagina.

Tato yang dipasang pada bagian tubuh dapat memicu kemerahan dan peradangan, apalagi bila Anda memiliki kulit sensitif, jelas Minkin.

 Pakai baby oil

Menggunakan baby oil sebagai pelumas

Demi berhubungan seks yang lancar, Anda bisa saja melumasi vagina dengan baby oil atau produk petroleum jelly (produk sampingan dari minyak mentah) lainnya. Namun, baby oil tidak membuat vagina menjadi sehat.

Pelumas berbahan dasar minyak lebih kental dan sulit dibersihkan. Hal ini mengakibatkan saluran vagina dan bakteri ikut terperangkap. Anda akan terkena infeksi.

Sebaiknya, gunakan pelumas berbasis air karena mudah dibersihkan dan tidak membahayakan vagina.

Tidak melepas pakaian olahraga setelah olahraga

Setelah berolahraga, celana olahraga biasanya basah dengan keringat. Bakteri mudah berkembangbiak.

Jika bakteri masuk ke saluran vagina dapat mengganggu keseimbangan mikroba yang biasanya hidup pada vagina.Anda akan berisiko mengalami infeksi jamur, kata Minkin.

Sebaiknya, ganti celana dan pakaian yang sudah basah karena keringat. Segera mandi untuk membersihkan keringat, yang memungkinkan bakteri penyebab infeksi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hindari 4 Kebiasaan Buruk yang Bikin Vagina Tak Sehat"

Posting Komentar