Ternyata Terong Bisa Melawan Kolesterol Jahat




Jendela24.com - Sayuran terong ini ternyata sangat disukai banyak orang,bahkan terong ini bisa menjadi menu makanan,bisa di buat sambal aduk di rebus dan juga bisa di pangang,di balik terong ini sangat banyak mengandung manfaat kesehatan nya.

Si ungu yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga maupun lidah masyarakat Indonesia. Bukan hanya cantik karena tampilan luarnya, ternyata terung punya manfaat yang luar biasa, seperti menurunkan kolesterol.

Kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) ini sangat mudah masuk ke tubuh manusia tanpa kita sadari. Makanan siap saji, mentega, dan gaya hidup tidak sehat bisa menjadi sumber kolesterol jahat yang dapat memicu penyempitan pembuluh darah.

Terung merupakan makanan yang kaya akan dietary fiber berupa serat pangan larut air dan antioksidan.
Mengonsumsi terung secara rutin tentunya akan membantu menurunkan kolesterol jahat.

Serat larut yang dikandung oleh terung ini akan mengikat kolesterol jahat berlebih dalam bentuk asam empedu, kemudian dibuang bersama feses. Selain alami, cara ini juga terbilang mudah dan murah.

Terung cukup dimakan setelah direbus atau dikukus. Selain itu, kamu juga bisa membuat air terung dengan cara merendam potongan terung ke dalam air hangat dan meminumnya.

Hanya saja, terung tidak boleh dikonsumsi secara mentah karena kandungan solaninnya yang dapat menyebabkan keracunan.

Ini lah manfaat Terong Bagi Kesehatan Kita

Tinggi Antioksidan

Terong mengandung fitonutrien yang beraktifitas sebagai antioksidan yang baik, seperti : caffeic, asam klorogenat nasunin dan flavonoid, nasunin. Nasunin adalah jenis antioksidan kuat yang telah terbukti untuk melawan aktivitas radikal bebas dalam tubuh. Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa nasunin melindungi lipid (lemak) dalam membran sel otak. Asam klorogenik juga dianggap sebagai antioksidan kuat dengan banyak manfaat yang telah terbukti.

Kesehatan Jantung

Penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa terong dapat membantu menurunkan kolesterol LDL yang tinggi, sehingga membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Senyawa antioksidan dalam terong membantu mencegah stres oksidatif pada sistem kardiovaskular,  dan dengan demikian mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit jantung. Terong juga merupakan sumber serat yang baik, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Kesehatan Otak

Selain mengandung nasunin, terong juga mengandung antosianin, yang dapat membantu untuk mempromosikan fungsi otak yang sehat. Nasunin melindungi lemak otak dengan cara mencegah radikal bebas yang menargetkan lipid otak.

Kaya Serat

Satu cangkir terong mengandung sekitar 8% DV serat makanan. Serat dapat membantu pencernaan dan juga penurunan berat badan, karena ini membantu untuk menyeimbangkan metabolisme. Serat dalam terong membantu mengurangi kolesterol dan membuat rileks pembuluh darah, yang menunjukkan terong memainkan peran produktif dalam menjaga kesehatan jantung yang baik.

Mengandung Vitamin B yang tinggi

Terong kaya akan vitamin B1, B3, dan B6. Vitamin B berperan penting untuk fungsi yang tepat dari sistem saraf pusat, produksi energi, keseimbangan hormon dan fungsi hati yang sehat. Para ahli juga meyakini terong juga membantu untuk keseimbangan gula darah dan dapat mengurangi kolesterol.

Berat Badan

Memelihara DV yang tepat serat dan vitamin B bisa menjadi cara yang bagus untuk penurunan berat badan yang sehat. Serat akan mempromosikan metabolisme aktif,  dan vitamin B dapat membantu tubuh untuk memproses lemak. Terong juga kaya dengan nutrisi, namun sedikit kalori (hanya 19 per cangkir), hal ini semakin membuat terong menjadi tambahan yang bagus  program penurunan berat badan yang efektif.

Kesehatan tulang

Terong mengandung banyak mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kuat, tulang sehat: mangan, kalium, magnesium dan tembaga.

Pencegahan Kanker

Banyak dokter dan ilmuwan percaya bahwa senyawa dalam terong efektif dapat mengobati beberapa jenis kanker kulit. Adalah Fitokimia, yang dikenal sebagai BEC5, diyakini dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel yang sehat. krim BEC5 konon telah bekerja pada ribuan kasus, terutama di Australia dan Inggris,  dengan tingkat keberhasilan hampir 100% bila digunakan selama 12 mingguAda laporan yang bertentangan mengenai FDA dan efektivitas yang belum disetujui penggunaannya di AS. Hal ini masih belum diketahui secara pasti, apakah mendapatkan BEC5 dari makan terong dapat membantu untuk mencegah atau mengobati kanker.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Terong Bisa Melawan Kolesterol Jahat "

Posting Komentar