BACA !! INI PENYEBAB KETOMBE TAK HILANG-HILANG.




Rambut kurang bersinar dan terlihat agak kusam bagi para cewek adalah masalah yang penting. Tapi, ini masih mending dari pada ketombe yang berjatuhan dibahumu. Apa lagi, pada saat kamu bersama gebetan. Biasanya, orang ketombean menghindri baju berwarna gelap, terutama hitam.

Soalnya, ketombe yang berwarna putih itu akan langsung terlihat pada bajumu. Bukan cuma menandakan kulit kepala nggak sehat, tapi kamu pasti malu kalau ketombemu terlihat. Selain pada baju, kadang ketombe juga terlihat pada kulit kepala saat rambutmu tersibak.

Karena kamu nggak mau lagi dibilang ketombean, kamu akhirnya mencari cara untuk menghilangkannya. Mulai dari sampo hingga obat jamu yang ada di apotek sudah kamu coba. Tapi, kenapa, sih, kamu masih juga berketombe? Sebelum membahas soal apa obat mujarab yang paling tepat, kamu harus tahu dulu apa itu ketombe sebenarnya.



Meskipun banyak orang takut berketombe lebih karena malu, ketombe sebenarnya merupakan salah satu gangguan kesehatan pada kulit kepala. Seperti kulit pada bagian tubuhmu yang lain, kulit kepala itu juga punya tipe-tipenya. Dari yang sangat kering, sampai yang berminyak sekali.

Dilansir dari Life Hack, banyak orang mengira ketombe disebabkan karena kulit kepala kurang bersih. Tapi ternyata, para ahli dermatologis mengatakan, ketombe merupakan sebuah kondisi yang pada kebanyakan orang, di mana kulit kepala terkelupas Ukurannya memang kecil-kecil dan biasanya dibarengi dengan rasa gatal.

Ternyata, kondisi ini berhubungan dengan jamur yang bernama Malassezia. Jamur ini sebenarnya ada pada setiap orang. Kalau kutu rambut makanannya darah di kepalamu, jamur ini makanannya minyak yang keluar dari folikel rambut. Ini yang menyebabkan sel-sel kulit di kepala terlepas dan menggumpal kecil-kecil, disebut ketombe.

Nah, sampo anti ketombe buat sebagian orang, berhasil membasmi ketombe. Tapi, nggak buat orang yang lain, dan mungkin juga termasuk kamu. Ternyata, menghilangkan ketombe nggak sesederhana yang iklan-iklan tunjukkan, girls. Biasanya, kalau kamu pergi ke dokter kulit, kulit kepala akan diperiksa terlebih dahulu.




Life Hack menulis, ada beberapa kondisi yang menyebabkan ketombe nggak hilang-hilang. Pertama, mungkin kamu jarang nyisir. Ketika kamu menyisir, kamu sebenarnya bukan cuma merapaikan rambut tetapi juga memijat kulit kepala dan membuang kulit-kulit mati.

Atau, bisa juga karena kulit kepalamu sensitif. Jadi, kalau kamu terlalu sering keramas, kamu bakal ketombean. Kalau kurang keramas, kamu juga bakal ketombean. Nah, kalau kamu pakai produk sampo yang salah, ketombe juga bakal muncul. Sementara itu, sebagian orang memang punya tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap jamur. Jadi, gampang ketombean.

Nah, buat kamu yang ketombenya nggak hilang-hilang, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa bahan alami seperti minyak kelapa, cuka apel, soda kue, dan getah lidah buaya. Getah lidah buaya kadang juga menimbulkan alergi bagi beberapa orang. Jadi, mungkin kamu ingin mencoba mengoleskan minyak kelala pada kulit kepala setiap malam. Tapi jangan kebanyakan, ya. Selain itu, kamu juga bisa menuangkan cuka apel yang dicampur dengan air ke kulit kepala, sebelum membilasnya lagi dengan air dingin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BACA !! INI PENYEBAB KETOMBE TAK HILANG-HILANG."

Posting Komentar