CEK PENYAKIT KAMU DENGAN SENDOK






Melakukan pemeriksaan yang rutin memang sudah keharusan. Tapi, maish banyak cewek yang takut atau malas pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisinya. Akhirnya pada saat penyakitnya sudah mulai tambah parah dan bahkan kronis, pengobatan bakal jadi tambah susah, girls. Makanya, mumpung kamu masih ada waktu dan belum sakit, lebih baik periksa kondisi kesehatanmu. 

Tapi masalahnya, melakukan pemeriksaan secara keseluruhan membutuhkan uang yang nggak sedikit. Mungkin, ini juga yang menjadi alasan sebagain cewek nggak memeriksakan dirinya secara rutin. Kalau mereka merasakan sesuatu yang nggak enak, baru memeriksakannya ke dokter.

Bahkan, ada juga orang-orang yang sudah merasa sakit tapi juga meremehkan penyakitnya. Soalnya, gejala yang timbul sebelum penyakit parah menjadi kronis sangat ringan dan sering terjadi. Misalnya, sakit kepala, atau anyang-anyangan. Padahal, bisa saja gejala yang ringan tersebut merupakan pertanda awal mula kemunculan penyakit serius. 

Nah, dari pada menahan dirimu sendiri untuk nggak periksa ke dokter, kamu sebenarnya bisa melakukannya di rumah. Tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun, lagi! Jadi, Bright Side menulis, kamu cuma butuh sendok makan dan sinar matahari. Kalau kamu melakukannya malam hari, ya berarti kamu butuh lampu belajar. 





Cara pemeriksaannya nggak susah dan sebentar banget, girls. Jadi, pertama-tama, kamu pegang sendokmu. Lalu julurkan lidahmu keluar. Nah, sekarang keruk lidahmu dengan sendok. Seperti mengeruk es krim, jangan terlalu keras karena kamu bisa melukai lidahmu sendiri. Jadi, pelan-pelan saja tapi cukup untuk mengambil ludah yang menempel pada lidahmu. Jangan lupa, kamu harus keruk seluruh bagian lidahmu, lho. Bagian belakang juga harus, ya. 

Nah, setelah itu, kamu akan melihat banyak banget air liur yang ada di sendokmu. Nggak perlu jijik karena ini merupakan bagian dari tubuhmu, girls. Sekarang, letakkan sendok tersebut di bawah sinar matahari. Kalau nggak ada, pakai lampu belajar saja. Diamkan selama 1 menit. Lalu, periksa dan lihat lagi sendok tersebut dengan seksama. 




Ada beberapa tanda perubahan yang harus kamu perhatikan; bau dan noda pada sendok tersebut. Kalau bau busuk dan sangat menyengat, kamu berarti memiliki masalah pada paru-paru dan juga lambung. Kalau baunya manis, mungkin bisa jadi diabetes. Sementara kalau baunya seperti amonia, kemungkinan ada masalah pada ginjal. 

Nah, tahap kedua, kamu harus melihat sendok itu dengan sangat teliti. Soalnya, kamu harus melihat perubahan warna, girls. Kalau putih dan lapisannya kental, tandanya ada disfungsi kelenjar tiroid. Kalau ungu, bisa jadi bronkitis, darah nggak lancar, juga kolesterol. Nah, kalau warnanya jadi putih biasa, kamu mungkin saja ada gangguan pada organ pernapasan. Sementara kalau jingga, kemungkinan ada kerusakan pada ginjal. 

Tes ini nggak 100 persen benar, girls. Jadi, kalau kamu menemukan sesuatu, jangan panik dulu. Apa pun hasil tes DIY ini, kamu tetap harus kembali ke dokter dan menjalani tes labolatorium. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter, ya. Selamat mencoba, girls. 





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CEK PENYAKIT KAMU DENGAN SENDOK"

Posting Komentar