PERHATIKAN !! JANGAN GUNAKAN TISSUE UNTUK AREA KEWANITAANMU





Menurut ahli kedokteran kebiasaan untuk membersihkan organ intim dengan menggunakaan tissuse benar-benar tidak disarankan, apalagi jika tissur tersebut rapuh dan gampag robek.

Demikian disampaikan Dokter obstetri dan ginekologi Siloam Hospital Semanggi dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, MKes.

"Paling benar itu habis Buang Air Besar (BAB) dan Buang Air Kecil (BAK) wanita cebok dengan air bersih. Sebisa mungkin dari doan ke belakang karena yang kotor itu anus, "kata dr Ardiansjah.


Dr Ardiansjah menejlaskan , sebaiknya untuk mengeringka  kelamin itu dengan handuk keirng bukan dengan tisu. Alsannya, jika tisu toilet yang digunkaan rapug bis ahancuir dan pecah saat digunakan.

"Kalau pecah, pecahannya itu bisa bercampur dengan keputihan dan nanti reaksinya tidak baik." katanya. Menurutnya, pemakaian handuk keirng lebih bagus karena meyerap lebih baik serta tak meninggalkan partikel-partikel yang membahayakan. Karena itu, tidak ada salahnya bila Mama membawa persediaan handuk kecil demi kebersihan organ kewanitaannya. "Meski merepotkan tapi itu baik utnuk kesehatabn organ kewanitaan.".


Tak hanya dalam proses penyekaan, lanjut dr Ardiansjah , wanita juga sebaiknya mengenakan celana dalam berbahan katun supaya ada udara.
"Celana dalam juga aklau keringat harus sering diganti. Paling tidak dua hingga tiga kali diganti siang hingga malam"ujarnya.

Lantas bagaimana denagn penggunaanya panty liner? Dr Ardianjah mengatakan pantyliner sebaiknya ganti jika sudah lepek. Namun seberapa seringnya tergantung masing-maisng oenggunaanaya.

Pembersih kewanitaan

Selain kebiasaan menggunakan tisus setelah buang air kecil, kebiasan mengguankan cairan pembersih vagina untuk membersihkan organ kewanitaan juga harus dihindari.
Sebab, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah apakah pembersih vagina tersebut higenis dan steril. "Yang cukup mengeherankan, masih banyak yang iklan cairan pembersih vagina yang mengaku higenis dan steril, "ujarnya.

Menurut dia, bahan kimiawi yang terkandung dalam cairan oembersih vagina juga tak seluruhnya dicantumkan dalam kemasan. Padahal ada beberapa zat, seperti pewarna dan pewangi, yang justru tidak baik bagi kesehatan. Satu zat kimaiawi yang pasti dicantumkan cairan pembersih vagina adalah poviden iodine. Lalu sisanya apa, kita tidak tahu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERHATIKAN !! JANGAN GUNAKAN TISSUE UNTUK AREA KEWANITAANMU"

Posting Komentar