Timnas Indonesia U-22 Tahan Imbang Vietnam

Timnas Indonesia U-22 berhasil menahan imbang Vietnam dengan sepuluh pemain dari menit 63. Hasil ini membuat timnas Indonesia terlempar dari zona aman untuk ke semi-final SEA Games 2017.



Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam pada  game week  keempat SEA Games 2017 Grup B, di Stadion Selayang, Selasa (22/8) malam WIB. Indonesia pada laga ini dibuat kesulitan oleh Vietnam sepanjang laga.

Kartu merah untuk Hanif Sjahbandi memperberat perjuangan pasukan arahan Luis Milla, belum lagi cedera dari Satria Tama yang sempat tampil sangat bagus pada paruh pertama.

Hasil ini membuat Indonesia terlempar dari posisi aman untuk ke semi-final, karena Vietnam mengoleksi sepuluh poin dan juga Thailand sepuluh poin. Sementara Indonesia baru delapan poin hasil dua imbang dan dua menang.

Babak Pertama

Kendali permainan dipegang oleh Vietnam, timnas Indonesia sulit menguasai lini tengah dengan ketiadaan Evan Dimas. Ho Tuan Tai sempat melepaskan tendangan usai mendapat umpan Doan Van Hau, tapi menyamping.

Indonesia coba menekan lewat sisiran yang dilakukan oleh Febri Hariyadi, tapi tendangan sepkulatif dari penggawa Persib Bandung itu tak tentu arah. Sementara Vietnam begitu cepat ketika menyusun serangan balik.

Satria Tama dibuat sibuk di bawah mistar Indonesia. Umpan tarik cantik dari sisi kanan sayap Vietnam diserobot Tuan Tai yang datang dari belakang, untung saja Satria sigap dan tepat dalam nemepatkan posisi.

Ancaman dilancarkan Indonesia melalui tendangan jarak jauh dari Septian David pada menit 23'. Bola sepakan David memaksa Phi Minh Long melakukan penyelamatan pertamanya pada laga ini dan berbuah tendangan penjuru untuk Indonesia.

Pengujung paruh pertama ditutup dengan penyelamatan gemilang dari Satria Tama. Umpan lambung Phong Hong Duy ke area kotak penalti disambut Vu Van Thanh dengan sundulan, beruntung Satria menepisnya meski peluang gol terbuka.

Babak pertama skor imbang tanpa gol bertahan. Vietnam benar-benar menguasai jalannya pertandingan, penguasaan bola mereka unggul dari Indonesia sebanyak 56 persen. Satria Tama jadi pemain paling heroik untuk Indonesia pada 45 menit pertama.

Babak Kedua

Sekitar sepuluh menit babak kedua berjalan, Luis Milla melakukan pergantian pertama dengan menarik Ezra Walian ditukar Marinus Wanewar. Menit 56', Satria Tama tergeletak kesakitan usai melakukan penyelamatan untuk meredam tendangan Nguyen Cong Phuong yang mengincar tiang dekat.

Petaka hadir untuk Indonesia pada menit 63'. Hanif Sjahbandi yang diandalkan untuk menjadi peredam serangan Vietnam mendapat kartu kuning kedua karena kedapatan wasit menyikut Ho Tuan Tai. Sementara Satria Tama kembali tergeletak kesakitan dan Kurniawan Kartika Ajie masuk untuk menggantikan.

Menit 70' Vietnam berhasil membobol gawang Indonesia, untungnya Nguyen Phong Hong Duy terperangkap offside . Beberapa menit berselang, gol Vietnam kembali dianulir, karena lagi-lagi pemain Vietnam sudah berada dalam posisi  offside .

Kesulitan untuk kubu Indonesia begitu nyata, pemain Vietnam bebas mengeksplorasi ruang tengah dari  Garuda Muda . Menit ke-78, Ho Tuan Tai kembali mengancam usai bekerja sama dengan Vu Van Thanh, untung tendangan Tuan Tai tak tepat ke gawang.

Milla nampaknya hanya ingin mengamankan satu poin, itu setelah menarik Septian David untuk digantikan Asnawi Mangkualam. Kemelut terjadi di kotak penalti Indonesia, untungnya gempuran Vietnam bisa diredam barisan belakang Indonesia.

Kartika Ajie melakukan aksi heroik pada menit 90+1 dengan menggagalkan tendangan Tuan Tai yang sudah bebas di depan gawang. Waktu tambahan lima menit yang berat harus dijalani sepuluh pemain timnas Indonesia. Skor 0-0 pun bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Vietnam : Phi Minh Long; Hoang Van Khanh, Bui Tien Dung, Luong Xuan Truong, Nguyen Phong Hong Duy (75' Nguyen Quang Hai); Do Duy Manh (62' Tuan Anh), Nguyen Cong Phuong, Vu Van Thanh; Doan Van Hau, Nguyen Van Toan, Ho Tuan Tai.

Indonesia : Satria Tama (67' Kurniawan Kartika Ajie); Putu Gede Juni Antara, Andy Setyo Nugroho, Hansamu Yama, Rezaldi Hehanusa; Hanif Sjahbandi, Muhammad Hargianto, Septian David Maulana (85' Asnawi Mangkualam); Yabes Roni, Ezra Walian (54' Marinus Wanewar), Febri Hariyadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Timnas Indonesia U-22 Tahan Imbang Vietnam"

Posting Komentar