Hidup Manusia Indonesia Harus Sesuai Pancasila

Hidup Manusia Indonesia Harus Sesuai Pancasila - Pepatah mengatakan “Di mana bumi di pijak di situlah langit di jinjing” artinya orang Indonesia yang hidupnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) haruslah sesuai dengan ajaran Pancasila. Sejarah telah mengungkapkan bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, yang memberi kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam mengejar kehidupan lahir batin yang makin baik, di dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

IDEOLOGI NEGARA

Pancasila yang telah diterima dan ditetapkan sebagai dasar negara seperti tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan kepribadian dan pandangan  hidup bangsa, yang telah diuji kebenaran, keampuhan dan kesaktiannya, sehingga tak ada satu kekuatan manapun juga yang mampu memisahkan Pancasila dari kehidupan bangsa Indonesia. Penghayatan dan pengalaman nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila harus dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia, setiap penyelenggara negara serta setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan, baik di pusat maupun di daerah.





Pancasila yang bulat dan utuh itu memberi keyakinan kepada rakyat dan bangsa Indonesia bahwa kebahagiaan hidup akan tercapai apabila didasarkan atas keselarasan dan keseimbangan, baik dalam hidup manusia sebagai pribadi, dalam hubungan manusia dengan masyarakat, dalam hubungan manusia dengan alam, dalam hubungan bangsa dengan bangsa-bangsa lain, dalam hubungan manusia dengan Tuhannya, maupun dalam mengejar lahiriah dan kebahagiaan rohaniah. Dengan keyakinan akan kebenaran Pancasila, maka manusia Indonesia akan ditempatkan pada keluhuran harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan dengan kesadaran untuk mengemban kodratnya sebagai makhluk pribadi dan sekaligus makhluk social.


Dengan berpangkal tolak dari kodrat manusia sebagai makhluk Tuhan, yang merupakan makhluk pribadi dan sekaligus makhluk sosial, maka penghayatan dan pengalaman Pancasila akan di tentukan oleh kemauan dan kemampuan seseorang dalam mengendalikan diri dan kepentingannya agar dapat melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara dan warga masyarakat.

Bagi kalian penggemar video streaming, maniak sex, hyper sex kalian bisa lihat Video lainnya di https://moviebecek.blogspot.com/

Untuk memenuhi kewajibannya  sebagai warga negara dan warga masyarakat manusia Indonesia harus menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam hidupnya secara bulat dan utuh dengan menggunakan 5 pedoman, yang dapat menjadi penuntun dan pegangan hidup bagi sikap dan tingkah laku setiap manusia Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat dan kehidupan bernegara. Kelima pedoman tersebut adalah.

Pertama, didalam kehidupan masyarakat Indonesia dikembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerja sama antara pemeluk-pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda, sehingga dapat selalu dibina kerukunan hidup diantara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua, manusia Indonesia diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan, yang sama derajatnya, yang sama kewajiban-kewajiban asasinya, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama dan kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit, dan sebagainya.

Ketiga, manusia Indonesia menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan. Persatuan dikembangkan atas dasar BHINEKA TUNGGAL IKA, dengan memajukan pergaulan demi kesatuan dan persatuan bangsa.

Keempat, manusia Indonesia sebagai warga negara dan warga masyarakat Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama, maka pada dasarnya tidak boleh ada suatu kehendak yang dipaksakan kepada pihak lain.

Kelima, manusia Indonesia menyadari hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Dalam rangka ini dikembangkanlah perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.


Dengan demikian manusia dan bangsa Indonesia menjamin kelestarian dan kelangsungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu dan berkedaulatan rakyat berdasarkan Pancasila serta penuh gelora semangat membangun masyarakat Indonesia yang maju, sejahtera, adil dan makmur.

Diringkas dari harian analisa"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hidup Manusia Indonesia Harus Sesuai Pancasila"

Posting Komentar